Cegah KDRT, Wali Kota Lantik Relawan SAPA

 

WARTALENSAINDONESIA, (30/5/23)– Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana resmi melantik 1.260 relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) di Gedung Semergou, Selasa, 30 Mei 2023.

Eva Dwiana menyebut, tugas dari relawan SAPA yakni untuk melakukan sosialisasi terkait kelurahan ramah perempuan dan peduli anak (KRPPA) guna mengantisipasi terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Kota Bandar Lampung. Sebanyak 10 relawan nantinya akan ditempatkan di setiap kelurahan di Kota Bandar Lampung.

“KDRT ini urgent. Namun kadang-kadang mereka enggak mau menginformasikannya pada kita. Inilah tugas dari para relawan untuk memantau keadaan kelurahannya masing-masing supaya tidak ada lagi kekerasan perempuan dan anak-anak,” kata Eva Dwiana.

Ia pun meminta masyarakat juga ikut berpartisipasi guna mengantisipasi terjadinya KDRT dengan cara melapor ke kelurahan masing-masing. “Tidak perlu menunggu lama, langsung laporkan saja pada kader di kelurahannya jika mengetahui adanya KDRT,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Eva Dwiana menyampaikan, rata-rata kasus KDRT terjadi karena faktor ekonomi.

Untuk itu, pihaknya juga saat ini mengadakan beberapa program peningkatan perekonomian bagi masyarakat, seperti pelatihan ibu rumah tangga dan modal untuk UMKM.

“Bunda juga minta tolong lurah dan camatnya juga bantu kader ini. Jangan sampai ada hal-hal yang kurang baik dan meresahkan, karena tugas kita memberikan kenyamanan untuk anak dan perempuan,” pungkasnya.

 

BANDARLAMPUNG
FAREL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *