HADIRI ACARA KIRAB PEMILU 2024, WALIKOTA BANDAR LAMPUNG EVA DWIANA BERHARAP AGAR PEMILU BERJALAN AMAN DAN DAMAI

(WARTA LENSA INDONESIA, Bandarlampung) — “Alhamdulillah tahapan-tahapan kirab ini sangat luar biasa melihat antusias semua Partai, serta penyelanggara tingkat kecamatan. Harapannya pemilu 2024 ini dapat berjalan aman, damai, kondusif dan menghasilkan pemimpin yang terbaik,” kata Eva Dwiana, Senin (28/8/2023).

Dikatakannya, pemilihan umum tahun 2024 merupakan agenda nasional untuk mewujudkan terpilihnya pemimpin dan wakil rakyat, penyelenggaraan yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai Undang-Undang No 7 Tahun 2017.

“Untuk masyarakat ayo kita ikuti Pemilu untuk menentukan pemimpin dan wakil rakyat yang sesuai harapan masyarakat,” ujarnya.

Eva Dwiana menjelasakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung sangat mendukung semua tahapan pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Kota Bandar Lampung berdasarkan regulasi untuk tegaknya nilai-nilai demokrasi.

Ia meminta kirab pemilu 2024 ini sebagai bentuk penyampaian informasi dan pendidikan pemilih dan nilai demokrasi yang harus terpelihara dengan baik.

“Semoga pelaksanaan rangkaian kirab pemilu yang dilaksanakan di kota Bandar Lampung mulai tanggal 28 Agustus 2023 sampai dengan 3 September 2023 dapat berjalan baik dan sukses,” ujarnya.

Eva berharap kirab pemilu 2024 bisa dijadikan ajang penyampaian informasi dan pendidikan pemilu ke masyarakat Lampung.

Total ada 18 partai politik yang menjalankan pawai kendaraan hias, dan juga 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Acara juga dihadiri oleh perwakilan 18 partai politik peserta pemilu di tingkatan Kota Bandar Lampung.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Bandar Lampung Dedi Triyadi mengatakan,  kirab pemilu ini juga diberi nama begawi demokrasi.

Sebab berbagai agenda akan dilanjukan oleh KPU Bandar Lampung selama seminggu ke depan. Diantaranya, jalan sehat dan sosialisasi kicau demokrasi pada 3 September 2023, dilanjutkan dengan sosialisasi pendidikan pemilih dan informasi kepemiluan yang berlangsung pada 30 Agustus-1 September 2023.

Terkahir, sosialisasi pendidikan pemilih dan funbike yang berlangsung pada 2 September 2023. Menurut Dedi, tahapan pemilu sampai ke hari pemilihan masih tersisa 169 hari lagi, yakni 14 Februari.

“Kami sebut Begawi Demokrasi, dan kirab ini sudah melewati 7 kabupaten/kota di Lampung” ujar Dedi dalam sambutannya.

Menurut Dedi, nantinya kirab Pemilu akan dilanjutkan estafetnya ke Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Kota Bandar Lampung merupakan persinggahan terakhir di Provinsi Lampung Kirab pemilu 2024. Dedi berharap agenda kirab ini dijadikan ajang untuk mensosialisasikan pemilu 2024, agar masyarakat mengetahui pelaksanaan pemilu, dan juga siapa saja yang menjadi peserta pemilu.

“Saat inilah kawan-kawan partai politik bisa mensosialisasikan nomor urut partai,” kata Dedi.

Sementara, Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengatakan, Kirab Pemilu sebagai ajang mensosialisasikan tahapan Pemilu ke Masyarakat. Apalagi tahapan pemilu 2024 sudah berlangsung selama 15 bulan sejak Juli 2022.

“Jangan sampai masyarkat tidak mengetahui parpol dan peserta pemilu,” katanya.

Penulis: FARELEditor: NICO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *