Pemkot Bandar Lampung Gelar Lomba Pidato dan Bercerita Tingkatkan Gemar Siswa Membaca

 

WARTALENSAINDONESIA, (08/09/23)– Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menggelar lomba pidato bahasa Lampung dan bercerita yang diikuti peserta didik jenjang SD dan SMP, di Aula Semergow, Jumat, 8 September 2023.

Kegiatan dalam rangka Gerakan Gemar Membaca, ini dibuka langsung Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, dan dihadiri kepala organisasi perangkat daerah (OPD), guru dan kepala sekolah, dan wali murid.

“Melakukan kegiatan ini merupakan sebuah apresiasi kepada masyarakat terutama para pelajar yang telah berhasil meningkatkan baca dan kebiasaan agar gemar membaca melalui pendayagunaan perpustakaan,” kata Wali Kota Eva Dwiana, di sana.

Menurut wali kota perempuan pertama di Kota Tapis Berseri ini, bahwa kegiatan tersebut dapat melestarikan warisan budaya Lampung. “Bahasa daerah harus dilestarikan dan ditanamkan sejak dini. Kepada sekolah-sekolah agar dapat mengajarkan bahasa dan aksara lampung,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandar Lampung, Hidayat Ismet mengatakan peserta lomba yang merupakan siswa dan siswi SD dan SMP yang sebelumnya telah lolos seleksi, ini bagian dari meningkatkan kunjungan perpustakaan sekolah.

Sebab, lanjutnya, pasca-pandemi Covid-19 minat baca menurun. “Melalui kegiatan ini diharapkan kunjungan siswa di perpustakaan sekolah-sekolah semakin meningkat, sehingga para siswa semakin gemar membaca,” katanya.

Guna meningkatkan hal tersebut, ia mengaku bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan kembali melakukan program kunjungan ke sekolah “Kunjungan ke sekolah-sekolah akan dijadwalkan kembali. Insyallah akan berjalan,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendorong adanya perpustakaan modern di Kota Bandar Lampung. “Rencananya pemerintah pusat akan membangunkan perpustakaan lima lantai di dekat Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung. Semoga segera terwujud,” harapnya.

BANDARLAMPUNG
FAREL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *