BUPATI NANANG BERI PENGHARGAAN PADA TENAGA MEDIS

(WARTA LENSA INDONESIA, Lampung Selatan) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan penghargaan terhadap sejumlah tenaga kesehatan (nakes) berprestasi. Reward sebagai apresiasi atas dedikasinya sebagai nakes itu diserahkan bertepatan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di GOR Way Handak Kalianda, Selasa (28/11/203).

Selain menyerahkan penghargaan kepada nakes teladan dan pengelola program kesehatan terbaik, dalam peringatan HKN tahun ini juga digelar berbagai kegiatan lomba. Mulai dari Senam Kesehatan, Jambore Kader Posyandu Kemah Saka Bakti Husada, Lomba permainan tradisional antara Puskesmas, Dinkes dan Rumah Sakit. Selain itu, Dinkes Lamsel juga memberikan pelayanan cek kesehatan dan donor darah.

Dalam laporannya, Kepala Dinkes Lampung Selatan, Devi Arminanto menyampaikan, peringatan HKN ke-59 ini bertemakan Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju. Yang mana, tujuan kegiatan ini yakni untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya hanya akan terwujud apabila semua komponen dapat berperan serta dalam upaya kesehatan melalui pelayanan kesehatan yang inklusif, berdiri dalam prinsip kemanusiaan dan profesional.

“Selain itu, terjalinnya kerjasama dan kekompakan antar staf. Masyarakat semakin mengerti pentingnya prilaku hidup bersih dan sehat, menjaga kesehatan dengan bergaya hidup sehat, dan semakin mengerti akan bahaya stunting,” ungkap Devi.

Dia mengatakan, Dinkes Lampung Selatan terus melakukan kampanye transformasi kesehatan melalui pelayanan kesehatan guna pengabdian kepada masyarakat berupa pemberian bingkisan kepada balita stunting di wilayah UPTD Puskesmas, pemberian penghargaan nakes dan kader pejuang kesehatan, penghargaan terhadap Dunia Usaha dalam mendukung program pembangunan kesehatan dan penghargaan kepada OPD dalam mendudkung layanan pembangunan kesehatan.

“Dalam peringatan HKN 2023 ini, kami juga menyampaikan komitmen Dinas Kesehatan dalam mewujudkan visi dan misi Bupati di sektor kesehatan pada tahun 2024 melalui tranformasi kesehatan untuk memperkuat infrasrtuktur Kesehatan melalui pemenuhan standar dan digitalisasi layanan cetak kader hebat dan militan, Layanan kesehatan yang ramah, informatif, inovatif, cepat dan inklusif dengan motto Aku Harus Menyelamatkan. Lalu, memperkuat partisipasi publik dalam peningkatan pembangunan kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto mengatakan, HKN diperingati dengan tujuan membangun kesadaran akan pentingnya kesehatan, serta dalam upaya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu menjalani pola, dan kebiasaan hidup sehat dalam berbagai aktivitas di masyarakat.

“Harapannya, gelaran jambore kader kesehatan yang sama-sama akan kita ikuti ini, bukan hanya sebagai momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) saja. Tapi, pelaksanaan kegiatan ini lebih mengutamakan terjalinnya tali silaturahmi antar kader kesehatan yang ada di Lampung Selatan,”kata Nanang.

Dia menambahkan, kader kesehatan adalah agen perubahan yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Lamsel.

“Untuk itu, sebagai kader kesehatan saudara-saudara harus terus bekerja keras dalam memajukan kesehatan masyarakat. Dengan kebersamaan, kolaborasi dan semangat gotong royong kita bisa mencapai hasil yang luar biasa,” pungkasnya.

Penulis: ABDUR RAHMANEditor: NICO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *