IKTD dan Bundo Kanduang Lampung Bantu Korban Galodo di Sumbar

 

WARTALENSAINDONESIA, PADANG— Pengurus dan anggota Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) dan Bundo Kanduang Provinsi Lampung memberikan bantuan untuk korban lahar dingin/galodo di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Bantuan diantarkan langsung oleh Tim Peduli Sumbar kepada para korban bencana di kedua kabupaten tersebut, akhir pekan lalu.

Rombongan Tim Peduli Sumbar tersebut berangkat via jalur darat menggunakan dua unit mobil dari Bandar Lampung pada Rabu malam (22/5/2024) dan sampai di Batusangkar pada Kamis malam (23/5/2024). Tim IKTD dan Bundo Kanduang Peduli Sumbar ini terdiri dari 12 orang dan dipimpin Merry Warti, Ketua Umum IKTD Provinsi Lampung yang juga Pembina Bundo Kanduang Provinsi Lampung.

Penyaluran bantuan di Tanah Datar didampingi Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian dan di Kabupaten Agam di dampingi Yeni, Ketua Tim PKK Kabupaten Agam yang juga istri Bupati Agam.

Penyampaikan bantuan berlangsung selama dua hari. Hari pertama, Jumat (24/05/2024), rombongan memfokuskan untuk mencapai tujuh lokasi, yaitu: Nagari Rambatan, Nagari Limo Kaum, Nagari Parambahan, Nagari Sungai Jambu, Nagari Pandai Sikek, Nagari Singgalang, dan Paninjauan.

Sedangkan pada kedua Sabtu, (25/5/2024), daerah yang dikunjungi adalah Dusun Tuo Manunggal, Kecamatan Lima Kaum. Kemudian rombongan beranjak ke Kabupaten Agam, tepatnya di Nagari Bukik Batabuah dan Sungai Pua.

Bantuan Tunai
Wakil Ketua Umum IKTD Prov Lampung yang sekaligus Ketua Tim Penggalangan Dana Peduli Sumbar Sabrimen menyampaikan, bantuan yang diberikan berupa uang tunai dan diserahkan langsung kepada korban yang benar-benar mengalami kerugian berupa keluarganya meninggal dunia, rumahnya hanyut, atau rusak parah akibat galodo. Harapannya bantuan tersebut dapat digunakan untuk keperluan menambah modal perbaikan tempat tinggal para korban serta keperluan mendesak lainnya.

“Guna untuk memudahkan penyaluran dan tepat sasaran, kami sudah berkoordinasi dengan Wakil Bupati Tanah Datar dan Ibu Bupati Agam serta Ketua BPBD daerah masing masing. Untuk nama-nama korban yang diberikan bantuan sudah didata oleh walinagari. Di mana beberapa hari sebelumnya kami juga sudah berkoordinasi dengan wali nagari setempat agar bantuan tepat sasaran,” ujar Sabrimen di sela-sela penyerahan bantuan.

Sabrimen juga mengucapkan terimakasih kepada donatur dan tim yang telah berjuang bahkan sampai mengantarkannya langsung kepada korban bencana. “Semoga sumbangan dan bantuan yang diberikan donatur yang dihimpun, baik oleh Tim IKTD dan Bundo Kanduang dari para perantau dicatat dan dibalas oleh Allah SWT sebagai amal sholeh,” pintanya.

Bantuan Selanjutnya
Sementara, Ketua Umum IKTD Provinsi Lampung yang juga Pembina Bundo Kanduang Provinsi Lampung Merry Warti juga meminta kepada walinagari atau perangkat nagari untuk mendata korban-korban yang rumahnya hanyut atau rusak parah untuk diberikan bantuan berikutnya. Tujuannya agar penyaluran bantuan dapat tepat sasaran.

“Semoga dengan bantuan yang kami berikan ini dapat meringankan beban dunsanak-dunsanak. Semoga bencana ini cepat berlalu,” harap Merry Warti yang merupakan CEO Hotel Emersia Group ini.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian dan Ketua Tim PKK Kabupaten Agam Yeni mengucapkan terima kasih kepada IKTD dan Bundo Kanduang Lampung yang telah memberikan bantuan untuk korban terdampak galodo di kedua kabupaten tersebut. (datuk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *